Sejarah Singkat Routerboard Mikrotik Lengkap


Sabtu, 20 November 2021 19:20
Dilansir dari : Buku MTCNA Faris Jawad

Sejarah Singkat Mikrotik

Debralyn.com - Mikrotik adalah perusahaan kecil yang berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Pembentuknya diprakarsai oleh Jhon Trully dan Arnis Riekstins. Jhon Trully adalah seorang Amerika yang bermigrasi ke Latvia. Di Latvia ia berjumpa dengan Arnis seorang sarjana Fisika dan Mekanik sekitar tahun 1995. Jhon dan Arnis mulai Merouting dunia pada tahun1996, misi Mikrotk sendiri yaitu me-Routing seluruh dunia. Mulai dengan sistem Linux dan MS-DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless-LAN ( WLAN ) aeronet berkecepatan 2 Mbps Moldoa, negara tetangga Latvia., baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia.




Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP ( W-ISP ), tetapi membua program router yang handal dan dapat dijalankan diseluruh dunia. Latvia hanya merupakan tempat eksperimen Jhon dan Arnis, karena saat ini mereka sudah membantu negara-negara lain termasuk Srilankayang melayani sekitar 400 pengguna.

Linux yang pertama kali digunakan adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama sama dengan bantuan 5-15 orang staff Research dan Development ( R&D ) mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara negara berkembang. Menurut Arnis, selain staff di lingkungan Mikrotik, mereka juga merekrut tenaga tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara marthon.

Router Mikrotik didesain dengan sistem modular, sehingga dimungkinkan untuk menambah interface wireless sesuai dengan kebutuhan, hingga sebanyak jumlah slot minipci yang tersedia. Processor dan memori yang tersedia sebanding dengan kemampuan routerboard unruk mengalirkan koneksi data, baik sesuai dengan bps ( bit per second ) maupun pps ( packet per second ) nya. 

Terima kasih semoga bermanfaat!

0 Response to "Sejarah Singkat Routerboard Mikrotik Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel